Pages

Tuesday, February 4, 2020

Canggih, Begini Cara Polisi Deteksi Mainan Anak Mengandung Narkoba | merdeka.com - Merdeka.com

Canggih, Begini Cara Polisi Deteksi Mainan Anak Mengandung Narkoba Modus Penyelundupan Narkoba. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Mengungkap jaringan narkoba di Indonesia memang bukanlah perkara yang mudah. Hal itu karena modus pengedaran yang bermacam-macam, perlu adanya koordinasi dan kerjasama dari banyak pihak.

Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya baru saja menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu cair pada Senin, (3/2) kemarin. Lantas seperti apa modus penyelundupan narkoba ini? Berikut informasi selengkapnya:

1 dari 5 halaman

Modus baru Penyelundupan Narkoba

Instagram/@polisiselebriti

Dilansir dari unggahan video akun Instagram @polisiselebriti, menunjukkan modus penyelundupan narkoba yang dikemas melalui mainan anak-anak berbentuk bola lampu.

"Ini adalah narkoba modus baru, dikamuflasekan dengan mainan anak dalamnya air gel," ungkap salah satu anggota Direktorat Narkoba.

Penyelundupan narkoba ini berhasil diungkap berkat kerjasama dan koordinasi antar instansi dengan bea cukai, bahwa ada informasi yang mengatakan jika akan ada pengiriman narkoba dari Malaysia ke Cianjur pada (29/1/2020).

2 dari 5 halaman

Kiriman dari Malaysia

Instagram/@polisiselebriti

Penyelundupan narkoba dalam bentuk mainan ini diketahui dikirim dari Malaysia dan akan dikirim ke daerah Cianjur.

"Banyak cara yang dilakukan oleh para pengedar narkoba untuk menyelundupkan ke Indonesia, ini kiriman dari Malaysia," jelas anggota Direktorat Narkoba.

3 dari 5 halaman

Dicek Menggunakan Alat

Instagram/@polisiselebriti

Mainan tersebut lalu dicoba untuk dilakukan pengecekan menggunakan sebuah alat deteksi bernama TruNarc untuk mengetahui kandungan apa yang ada di dalam gel mainan tersebut.

4 dari 5 halaman

Kandungan yang Ada di Dalamnya

Instagram/@polisiselebriti

Setelah dilakukan pengecekan, gel yang terdapat di dalam mainan tersebut ternyata mengandung Fentanyl Compound atau Methaphetamine yang merupakan narkotika jenis sabu-sabu.

"Ini sedang di analisis, nah kandungannya methaphetamine atau sabu," kata anggota Direktorat Narkoba.

5 dari 5 halaman

Apa itu Methaphetamine

Methaphetamine merupakan zat yang dikenal di Indonesia sebagai sabu-sabu. Methaphetamine biasanya juga bisa digunakan untuk obat psikostimulansia dan simpatomimetik yang hanya digunakan untuk kasus yang parah seperti gangguan hiperaktivitas dan lain sebagainya dan tentu penggunaannya atas anjuran dokter. Namun, banyak orang menyalahgunakan jenis zat ini untuk dijadikan narkotika.

[khu]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.merdeka.com/trending/canggih-begini-cara-polisi-deteksi-mainan-anak-mengandung-narkoba.html

No comments:

Post a Comment