Pages

Thursday, June 7, 2018

Basarnas Siapkan Kapal Canggih Antisipasi Arus Mudik Lebaran ...

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS ) Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Banjarmasin menyatakan sudah siap siaga SAR khusus dalam rangka Hari raya Lebaran. Salah satunya menyiapkan kapal canggih.

Persiapan untuk melaksanakan kesiapsiagaan sar khusus H-7 h plus 7 dibagi tiga tim.

"Tiga tim, yang pertama tim Alfa, bravo dan charli, Alfa kesiap-siagaan di kantor, bravo monitoring di setiap Alut sistemnya bergerak ,mobile dimana dibutuhkan kita meluncur, tak hanya di darat tapi di laut," ucap
Kakansar Banjarmasin Mujiono.

Untuk darat keluarkan rescue truk , vehicle accident , juga ada uamg standby di pesisir pantai konsentrasinya nanti ada daerah kawasan wisata.

Baca: Live Streaming O Channel - Susunan Pemain Bhayangkara FC vs Madura United Pekan 13 Liga 1 2018

"Konsentrasi Alut di laut , siapkan empat kapal km SAR laksmana , 241, 306, 207 rata rata skr berada di dermaga Basirih, reaksi cepat untuk laut," katanya.

Istimewa untuk KN SAR Laksmana yang merupakan kapal buatan dalam negeri, Batam. Memiliki teknologi yang serba canggih. Kapal berwarna putih oranye itu memiliki panjang 40 meter dan lebar 7,8 meter.

Adapun beberapa kecanggihan KN SAR Laksmana, kapal berwarna putih oranye ini memiliki tiga kekuatan mesin penggerak. Kecepatan maksimal kapal ini mencapai 30 knot dan mampu membawa 50 orang. Kapal ini juga mengedepankan penanganan medis sehingga ada empat tempat tidur tepat di pintu masuk.

Dengan alat bernama Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) dan Automatic Identification System (AIS), KN SAR Laksmana bisa mengetahui kapal-kapal yang berada di sekitarnya, dan dengan data detail nama kapal serta pemilik bahkan hingga tujuannya, informasi tersebut ditampilkan di layar AIS.

Baca: Live Streaming Indosiar - Susunan Pemain Persela vs Mitra Kukar di Pekan 13 Liga 1 2018

Tidak hanya itu, KN SAR Laksmana ini memiliki kemampuan deteksi permukaan serta dilengkapi forward infra red untuk mempermudah pencarian pada malam hari. Kemampuan deteksi kapal kelas II ini mencapai kedalaman 30 meter dari permukaan laut.

Masih terkait dengan penyelamatan korban, kapal ini juga memiliki alat untuk deteksi korban yang mengapung hingga jarak 5 Mil Laut (nautical mile). Dilengkapi Alat telekomunikasi yang canggih yang tersambung langsung dengan satelit juga dilengkapi Radar dan GPS untuk menentukan lokasi kapal secara tepat. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/06/07/basarnas-siapkan-kapal-canggih-antisipasi-arus-mudik-lebaran-idul-fitri-2018

No comments:

Post a Comment