Pages

Wednesday, September 12, 2018

Iran: Nuklir Kami Bertambah Besar dan Canggih

JawaPos.com - Iran meningkatkan ancamannya dengan membanggakan program nuklirnya lebih maju dari sebelumnya. Dilansir The Arab News pada Senin, (11/9), Kepala Atomic Energy Organization dan Wakil Presiden Iran Ali Akbar Salehi mengatakan, jika Presiden AS Donald Trump berhasil menghapus kesepakatan 2015 untuk mengekang program nuklir maka Teheran akan melanjutkan pengayaan uranium dengan peralatan yang lebih canggih.

"Jika kita harus mundur dan mundur dari kesepakatan nuklir, kita tentu tidak kembali ke tempat kita sebelumnya. Kami akan berdiri di posisi yang jauh lebih tinggi," ujarnya.

Iran menyimpan sentrifugal untuk memperkaya uranium di fasilitas Natanz bawah tanahnya, di bawah pengawasan oleh badan pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional. Salehi mengatakan, Iran akan membangun fasilitas baru di Natanz yang akan menghasilkan sentrifugal yang lebih canggih.

nuklir iran, iran
Warga Iran unjuk rasa akibat sanksi ekonomi yang memberatkan hidup mereka (Reuters)

"Ini tidak berarti kita akan memproduksi sentrifugal sekarang. Ini hanya persiapan jika Iran memutuskan untuk memulai produksi massal sentrifugal seperti itu, kami akan siap untuk itu,” ujarnya.

Jika kesepakatan nuklir itu gagal, Iran akan bereaksi secara bertahap. Mereka bisa memperkaya uranium hingga 20 persen karena ini adalah kebutuhan mereka dan juga bisa menambah persediaan uranium yang diperkaya.

Perekonomian Iran yang rapuh sudah menderita akibat penarikan AS dari kesepakatan nuklir dan reimposisi sanksi ekonomi. Harga telah melonjak,  uang telah jatuh nilainya. Ribuan orang Iran melakukan protes jalanan yang menuntut perubahan rezim.

Sanksi lebih lanjut pada bulan November akan menargetkan sektor energi Iran dan memangkas pendapatan minyak krusialnya. Teheran berharap penandatangan lain untuk kesepakatan nuklir.  Sementara perjanjian dengan Rusia, Tiongkok, Perancis, Jerman, dan Inggris akan tetap hidup.

Dalam pukulan lebih lanjut terhadap ekonomi Iran, AS memperbarui peringatannya kepada maskapai penerbangan sipil pada hari Selasa untuk menghindari wilayah udara Iran. Ratusan penerbangan internasional melewati Iran setiap hari, dan masing-masing diharuskan membayar biaya overflight. Iran menolak untuk mengungkapkan pendapatannya dari biaya ini, tetapi dianggap cukup besar.

Administrasi Penerbangan Federal AS mengatakan, terbang di atas Iran berisiko karena kemungkinan intersepsi, dan kegiatan militer yang berkaitan dengan perang di Syria.

Biro Layanan Penerbangan, yang menyarankan maskapai penerbangan, mengatakan hubungan memburuk antara AS dan Iran harus diperhitungkan ketika merencanakan penerbangan di wilayah udara Iran.

(ina/JPC)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.jawapos.com/internasional/12/09/2018/iran-nuklir-kami-bertambah-besar-dan-canggih

No comments:

Post a Comment