Pages

Sunday, October 7, 2018

Jadi Tulang Punggung Kekuatan TNI AU, Ini 5 Pesawat Tempur ...

TRIBUN-BALI.COM -  Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah cakupan yang sangat luas dan berpotensi terjadi gangguan keamanan baik di darat, laut dan udara.

Keberadaan kekuatan militer untuk melindungi seluruh wilayah tanah air dari ancaman dan gangguan pihak lain mutlak dibutuhkan.

Dengan kata lain, Indonesia membutuhkan TNI yang kuat dengan dukungan alutsista canggih dan mumpuni.  

TNI Angkatan Udara misalnya, memiliki peran penting dalam membela kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai yang bertanggung jawab untuk lintas udara, TNI AU memikul tanggung jawab terhadap pertahanan dan pemberdayaan wilayah udara.

Oleh sebab itu, TNI dilengkapi dengan beberapa alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang memadai untuk menunjang pertahanan udara.

Salah satunya adalah dengan pengembangan dan pengoperasian pesawat terbang.

Berikut lima pesawat andalan TNI Angkatan Udara, yang dilansir dari dokumentasi Harian Kompas, Majalah Angkasa dan TNI:

1. Sukhoi Su-30

Pesawat tempur milik TNI AU dari lanud Hasanuddin Makassar terparkir di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (28/10/2014).
Pesawat tempur milik TNI AU dari lanud Hasanuddin Makassar terparkir di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (28/10/2014). (Tribunnews Batam/Argianto)

Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna menguji cockpit pesawat tempur Sukhoi SU-30, sebelum menyaksikan manuver latihan tempur Angkasa Yudha 2016, di Bandar Udara Ranai, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/10/2016). Istana Kepresidenan/Agus Suparto. (Istana Kepresidenan)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://bali.tribunnews.com/2018/10/08/jadi-tulang-punggung-kekuatan-tni-au-ini-5-pesawat-tempur-canggih-penjaga-langit-ibu-pertiwi

No comments:

Post a Comment