Pages

Monday, November 12, 2018

KNKT Kerahkan Alat Canggih untuk Temukan CVR Lion Air

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kembali menerjunkan alat canggih dalam operasi pencarian black box yang berisi cockpit voice recorder (VCR) pesawat Lion Air JT 610. Pesawat nahas tersebut jatuh di perairan Karawang pada Senin, 29 Oktober 2018.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjanto mengatakan, alat canggih tersebut bernama sub-bottom profiling. Alat itu dinilai dapat mencari suatu benda yang tertimbun di dalam lumpur, termasuk CVR itu sendiri.

BERITA TERKAIT +

"Kita akan melakukan dengan sub-bottom profiling untuk mencari benda-benda yang masih di dalam lumpur. Jadi alat ini kita harap bisa menemukan black box atau CVR yang masuk ke dalam lumpur," kata Soerjanto saat jumpa pers di Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).

 (Baca juga: KNKT Putar Otak Cari Black Box CVR Lion Air PK-LQP)

lion

Sub-bottom profiling itu akan di satu padukan dengan kapal-kapal pengangkut remotely operated vehicles (ROV) yang lebih besar dan canggih. Dengan begitu, pendeteksian CVR yang diduga tertimbun lumpur akan lebih mudah dilakukan.

"Kami akan mendeteksi kira-kira di mana lokasi yang akan kita cari. Mudah-mudahan CVR bisa cepat kita temukan," imbuh Soerjanto.

KNKT tetap mencari black box berisi CVR kendati operasi evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 telah selesai dilaksanakan. Bahkan, tim SAR juga masih membantu mengirimkan 10 penyelam dan kapal untuk menyisir di sekitar tempat jatuhnya pesawat.

 (Baca juga: Hari Ke-15, Sudah 82 Korban Lion Air Teridentifikasi)

"Dari SAR tetap membantu KNKT menyatakan 1p orang divernya dan satu rate kita pakai untuk transportasi dari pelabuhan ke tempat kecelakaan," ujar dia.

Sebelumnya, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 berjenis Boeing 737 Max 8 jatuh di perairan Karawang. Seluruh penumpang yang berada di dalam pesawat tersebut meninggal dunia dalam kondisi mengenaskan.

Tim SAR gabungan beserta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hingga kini masih berjibaku menemukan black box yang berisi cockpit voice recorder (CVR). Sedangkan black box berisi flight data recorder (FDR) sudah ditemukan.

 lion

(wal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://news.okezone.com/read/2018/11/12/337/1976808/knkt-kerahkan-alat-canggih-untuk-temukan-cvr-lion-air

No comments:

Post a Comment