Pages

Wednesday, November 28, 2018

UGM-ITB-UI Terkoneksi Melalui Awan - Pikiran Rakyat

YOGYAKARTA, (PR).- Kemajuan teknologi awan (cloud) menjadi infrastruktur yang menghubungkan tiga laboratorium di tiga universitas terbesar di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institutut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI).

Manager Honeywell Building Solutions Yustinus Sigit mengklaim koneksi antartiga universitas tersebut merupakan proyek perintis pertama di dunia. Teknologi yang menghubungkan mereka dalam bentuk perangkat simulasi dalam jaringan awan yang didukung perangkat experion PKS Orion, Augmented Reality dan Virtual reality (AR/VR). 
Fungsinya mempelajari beragam aktivtas industri yang rumit melalui proses simulasi serta pengendalian perangkat dan alat dalam situasi berisiko tinggi.

“Dengan teknlogi cloud yang didukung perangkat teknologi canggih, peneliti dari tiga universitas bekerjasama menggunakan laboratorium di tiga lokasi dalam waktu bersamaan dalam jarak jauh,” ujar dia saat peresmian sinergi laboratorium antartiga universitas di Fakultas Teknik UGM, Rabu, 28 November 2018.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhamad Nasir yang meresmikan koneksi tiga laboratorium menyatakan proyek ini bekerjasama dengan Honeywell, perusahaan teknologi terkemuka di Amerika Serikat. Dengan laboratorium terhubung antartiga laboratorium universitas melengkapi teknologi automatisasi gedung dan bidang processing solution penyulingan minyak bumi di ITB.

Menurut dia, dukungan teknologi awan dan perangkat lainnya yang berteknologi tinggi bisa mendukung proses pembelajaran dan inovasi teknologi dari kampus, yang sejalan dengan kebutuhan dunia industri. Ancang-ancang ini sebenarnya ironis dibandingkan negara Cina misalnya, yang jauh lebih integrative antara produk teknologi kampus dengan kebutuhan industri.

Dari segi jumlah perguruan tinggi, kampus di Indonesia mencapai 4.600, sementara di Cina terapat separuhnya, 2.284 kampus, tetapi karya inovarif mereka lebih banyak dari universitas-universitas di Indonesia.***

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2018/11/28/ugm-itb-ui-terkoneksi-melalui-awan-433811

No comments:

Post a Comment