Pages

Wednesday, March 27, 2019

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggih - IDN Times

Ketika dunia sudah memasuki era teknologi, maka tidak heran jika banyak kecanggihan teknologi digunakan untuk kebermanfaatan. Seiring berkembangnya teknologi, manusia selalu berusaha untuk terus menggali penemuan baru. Tak terkecuali dalam bidang militer. Selain didukung dari segi keahlian pasukan militer, hal lain yang menentukan kekuatan sebuah pasukan militer adalah seberapa canggih perlengkapan alutsista yang dimiliki.

Hal-hal inilah yang bisa ditonjolkan oleh suatu negara di berbagai media baik dalam berita maupun media perfilman. Hal ini pula dapat menandakan kemajuan suatu negara dan sebagai bentuk penemuan yang tergolong masih baru. 

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai senjata militer yang merupakan alutsista tercanggih di dunia. Penasaran? Yuk simak! 

1. Robot MAARS

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggihqinetiq-na.com

MAARS adalah singkatan dari Modular Advanced Armed Robotic System yang dikembangkan oleh Qinetiq. MAARS pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Robot remote kontrol ini merupakan penjinak bom yang dapat di-custom untuk berbagai macam kebutuhan.

Robot MAARS juga dapat dikonfigurasi dengan senapan mesin MB-240, peluncur geranat 40 milimeter , pengeras suara dan laser yang dapat menyilaukan kepala. Robot ini juga bisa digunakan untuk misi penyelamatan menolong para tentara yang mengalami cidera di medan perang dan membawanya ke tempat yang lebih aman.

2. Drone MQ-9 Reaper

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggihmilitary.com

Kamu tahu tidak? Ternyata Reaper terbang pertama kalinya pada tahun 2001. Negara yang pertama kali menggunakannya adalah Amerika serikat yaitu pada tahun 2007. Pengguna lainnya adalah angkatan udara Inggris, Italia, Belanda dan Prancis.

Hingga saat ini salah satu tugas reaper antara lain melakukan misi intelijen dan pengintaian. Reaper sendiri merupakan UAF terbesar yang dimiliki Amerika dengan rentang sayap 20 meter dan memiliki kapasitas muatan 1,7 ton.

Tak hanya itu, jangka waktu penerbangan yang dapat ditempuh maksimal 14 jam. Reaper jenis info juga mampu membaca plat nomor kendaraan dari jarak 2 mil saat terbang di ketinggian 15.800 meter. Hebat sekali ya. 

3. Laser Avenger

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggihwired.com

Senjata militer ini pertama kali diproduksi oleh Boeing System serta diluncurkan pada tahun 2009. Senjata ini berdiameter beberapa centimeter dan tidak bisa terlihat dengan kasat mata. Laser Avenger mempunyai 20 kali lebih panas dari kompor listrik.

Senjata jenis ini dapat dipasang pada sembarang kendaraan kapal maupun pesawat tanpa awak. Laser Avenger dikembangkan agar lebih efektif meledakkan tim proceed provide. Di mana hal tersebut telah menyebabkan korban jiwa bagi pasukan Amerika. Laser Avenger juga tengah diuji untuk menghancurkan kendaraan udara.

Baca Juga: Wow, 5 Negara Ini Memiliki Pesawat Tempur Tercanggih Lho! 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

4. Kapal Induk USS Nimitz

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggihthedrive.com

Kapal jenis ini memiliki bobot sebesar 97 ton dan merupakan salah satu kapal induk terbesar di dunia. Kapal Induk USS Nimitz bertenaga nuklir yang telah dimiliki oleh Amerika Serikat. 

Nimitz dirancang untuk dapat beroprasi selama 50 tahun dengan pengisian bahan bakar sekali saja di usia sekitar 25 tahun. Kapal ini juga mampu membawa lebih dari 60 pesawat dan mempunyai kecepatan 30 Knot atau sekitar 55 km/jam.

5. Kapal Selam Yasen K-329

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggihreddit.com

Kapal Selam Yasen K-329 diproduksi dan menjadi hak milik negara Rusia. Kapal ini dipersenjatai dengan 24 peluncur rudal jelajah yang dapat membawa ulu ledak 200 kiloton. K-329 juga dirancang dengan kecepatan sangat tinggi dan hampir tidak bisa terdeteksi.

Kapal selam yang memiliki panjang 118 meter ini merupakan pembangkit tenaga nuklir yang bekerja nyaris tanpa suara. Lambung kapal dilapisi oleh bahan penyerap suara dan dapat menyelam hingga kedalaman 2000 kaki atau sekitar 600 meter.

6. Rudal S-400

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggihhurriyetdailynews.com

Rudal S-400 merupakan sistem pertahanan udara yang telah dioperasikan oleh angkatan darat Rusia tepatnya pada Tahun 2007. Dengan kemampuan mencapai target pada titik 400 kilometer dengan kecepatan lebih dari 17.000 km/jam.

Hal itulah yang harus diakui bahwa S-400 ini merupakan senjata yang sangat menakutkan. S-400 menggunakan 4 rudal, rudal jarak jauh 400 km, rudal jarak jauh 200 km, rudal jarak menengah 120 km, dan rudal jarak dekat 40 km. 

7. Missile R-36

Selain Rudal S-400, 7 Alutsista Modern Ini Punya Teknologi Canggihmilitarywatchmagazine.com

Missile R-36 adalah rudal balistik antar benua yang memiliki jangkauan terjauh di dunia yakni 16.000 km. R-36 memiliki bobot sebesar 209 ton dan menjadikannya sebagai rudal terberat di dunia.

Misil ini dibuat dalam berbagai versi yang berbeda mulai dari mod 1 hingga mod 6. Misil R-36 sudah masuk dalam angkatan roket strategis Uni Soviet tepatnya pada tahun 1975. Roket 2 tahap ini didukung oleh 2 mesin roket cair yang memberikan kecepatan 7.900 meter/detik.

Senjata militer ini akan mengalami perkembangan seiring dengan perkembangnya teknologi dan pengetahuan. Ayo tunjukkan kalau Indonesia juga bisa menciptakannya. Semangat! 

Baca Juga: Gak Nyangka, Ternyata 7 Karya Antariksa Ini Buatan Orang Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.idntimes.com/science/experiment/ismi-marfuah/selain-rudal-s-400-7-alutsista-modern-ini-punya-teknologi-canggih-c1c2

No comments:

Post a Comment