Pages

Saturday, April 6, 2019

Kini Basarnas Banjamasin Miliki Kapal Canggih, Begini Penampakan Kapal KN SAR Laksamana 241 - Banjarmasin Post

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kantor Pertolongan dan Pencarian Banjarmasin kini sudah memiliki kapal yang canggih. Kapal itu bernama KN SAR Laksamana 241.

KN SAR Laksamana 241 milik Basarnas Banjarmasini ini merupakan kapal baru yang dimiliki untuk wilayah Kalimantan Tengah dan Kalsel. Sebab, Basarnas melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin membawahi dua wilayah kerja tersebut.

Kapal ini memiliki ukuran yang cukup besar dan panjang yakini panjang sekitar 40 meter dengan sejumlah fasilitas yang ada didalamnya. Bahkan mirip dengan hotel berbintang di dalam kapal itu.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Pekan 33 : Everton vs Arsenal, Chelsea vs West Ham di Beinsports

Baca: VIDEO - Jelang Ramadan 1440 Hijriah, Camat Bungur Pertemukan Warga dengan Pengelola Warung Malam

Baca: Dinas Pariwisata Tanahlaut Janji Benahi Parkir Pantai Takisung, Pengunjung Tak Boleh Lakukan Ini

Baca: Bacaan Niat dan Doa Nisfu Syaban Serta Keutamaan Malam Nisfu Sayaban Menurut Ustadz Abdul Somad

Armada ini bergabung dengan Basarnas Banjarmasin sejak Januari 2018 hingga saat ini. Bahkan sudah digunakan perdana saat ada bencana di Palu. Tim yang datang dari Banjarmasin kemarin ini menjadi kapal relawan tercepat yang datang di musibah Tsunami di Palu.

Kapal ini juga memiliki sejumlah fasilitas dan sejumlah kamar. Bahkan ada satu ruangan khusus yakni ruangan medis. Sehingga kelebihan kapal ini cukup lengkap dengan lantai 3 tingkat.

"Untuk tingkat bawah khusus ruangan ABK, lantai dua untuk kamar-kamar, Ruang tunggu, ruang santai, ruang tamu, ruang kerja, ruang makan hingga dapur dan kamar mandi. Terpenting di kapal ini ada ruang khusus medisnya dan bisa langsung melakukan pertolongan kepada korban, " kata Enrow Sasmita, Kasi Sumber Daya Kantor Pertolongan dan pencarian Banjarmasin, Sabtu (6/4/19).

Sementara lantai 3 ada ruang kemudi Kapten Kapal dan navigasi serta ada lapangan dibagian belakangnya. Sehingga saat berada di kapal ini terasa tidak seperti diperjalanan. 

"Nah kecanggihan dari kapal ini bisa mendeteksi area sekitar dengan jarak sekitar 5 mil, " katanya.

Dia menjelaskan, biasanya dalam pencarian harus bisa mendeteksi area sekitar, dan mendeteksi kapal yang ada disekitarnya. Kapal-kapal sekitar bisa termonitor dan ada monitor peta di kapal tersebut.

Kapal ini sekarang sudah stanby di Kotabaru dan penempatannya kini di Kotabaru karena lokasinya tepat ditengah-tengah dan parkir di Pelabuhan PPI Kotabaru. Kapal ini juga sudah sering terlibat dalam aksi pertolongan.

"Kapal ini sudah pernah mengevakuasi 237 orang dan kapasitas normal kapal bisa memuat 250 orang, " katanya.

Baca: Setelah Makam Wanita Cantik Ini Dibongkar, Terungkap, Ternyata Ferolin Dihabisi Suami Tercintanya

Baca: Setelah Makam Wanita Cantik Ini Dibongkar, Terungkap, Ternyata Ferolin Dihabisi Suami Tercintanya

Dia menyebutkan, kapal ini termasuk kapal cepat yang bisa melaksanakan respon time, cepat untuk melakukan pertolongan terhadap korban-korban, khususnya musibah pelayaran kapal. Kapal 241 ini juga dilengkapi 3 mesin.

"Kapal KN SAR 241 ini cukup canggih dan cepat. Makanya kami sangat terbantu sekali dan bisa lebih cepat tiba dan memberikan pertolongan, " katanya. (Banjarmasinpost.co. id/man hidayat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://banjarmasin.tribunnews.com/2019/04/06/kini-basarnas-banjamasin-miliki-kapal-canggih-begini-penampakan-kapal-kn-sar-laksamana-241

No comments:

Post a Comment