Pages

Monday, May 27, 2019

Canggih, Nissan Rancang Mobil Swakemudi yang Ramah Anak - Suara.com

Suara.com - Nissan, salah satu produsen otomotif  roda empat Jepang kerap melahirkan produk-produk bercita rasa sport serta keluarga. Beberapa contohnya yang beredar di Indonesia adalah Nissan Serena dan Nissan Livina.

Sebagai terobosan, kali ini Nissan menciptakan sebuah mobil konsep dengan wacana swakemudi atau otonom sekaligus ramah anak.

Nissan Chico, perhatikan atap warna kuning tempat menyimpan energi listrik  [YouTube: Giovanni Duc].
Nissan Chico, perhatikan atap warna kuning tempat menyimpan energi listrik [YouTube: Giovanni Duc].

Well, simak karya Giovanni Duc, seorang desainer asal Zagreb, Kroasia yang kini berkarya sebagai desainer eksterior di Rimac Automobili. Saat menempuh gelar master di Pforzheim University, Jerman, ia menciptakan mobil konsep bernama Nissan Chico sebagai tesis.

Mobil konsep tadi didesain Giovanni Duc untuk pengoperasian tanpa pengemudi alias swakemudi atau otonom. Dan seperi pengakuannya kepada media Carscoops, ia menyebutkan terinspirasi dari para orangtua yang memiliki mobilitas tinggi dan harus mengantar buah hati pergi ke sekolah.

Nissan Chico, karya Giovanni Duc [YouTube: Giovanni Duc].
Nissan Chico, karya Giovanni Duc [YouTube: Giovanni Duc].

Alhasil, sebagai tunggangan swakemudi, Chico tak ubahnya taman bermain mobile bagi buah hati para orangtua sibuk. Di bagian interior, Chico didesain dengan gaya yang disukai anak-anak. Seperti jok dibalut warna kuning cerah dan desain mirip perosotan atau seluncur ayunan anak-anak di taman. Uniknya lagi, jok dibuat menggantung pada sisi atap kabin.

Saat Chico berjalan, dengan sendirinya jok akan mengayun dengan lembut. Dan getaran yang dihasilkan oleh gerakan kursi ayun tadi akan dikonversi menjadi energi listrik dan disimpan dalam baterai di atap mobil. Daya kemudian disalurkan kepada bagian powertrain.

Tidak hanya itu, mobil konsep Chico dilengkapi bangku kecil sekunder, dengan kabin dan lantai mewah tempat anak-anak duduk bermain.

Tersedia juga semacam lorong kecil tempat anak-anak merangkak keluar-masuk kendaraan. Semua itu dibungkus dengan eksterior yang menyenangkan.

Namun sebagai mobil konsep, Chico tentunya belum dijual secara umum.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.suara.com/otomotif/2019/05/27/160000/canggih-nissan-rancang-mobil-swakemudi-yang-ramah-anak

No comments:

Post a Comment