Pages

Monday, September 30, 2019

China: Persenjataan canggih akan dipamerkan dalam parade militer terbesar menyambut 70 tahun Partai Komunis - Tribunnews

China akan menggelar parade militer terbesar pada Selasa (01/10) sebagai bagian perayaan 70 tahun kekuasaan Partai Komunis dan Beijing menjanjikan akan memamerkan sejumlah persenjataan buatan dalam negeri.

Persenjataan macam apa yang kita bisa saksikan dalam parade tersebut, dan mengapa China sekarang punya anggaran militer terbesar kedua di dunia?

Apa rencana 1 Oktober?

Parade militer—yang menjadi bagian dari perayaan besar-besaran—akan berlangsung di Lapangan Tiananmen, di hadapan para pejabat tinggi, para tamu undangan, dan 188 atase militer dari 97 negara.

Tiananmen
Getty Images
Meski marak dipublikasikan dan dinanti-nantikan, parade militer di Lapangan Tiananmen tidak dapat disaksikan sembarang orang.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan baru-baru ini mengatakan China tidak berniat atau perlu "pamer otot" dalam parade ini. Fokusnya, menurutnya, adalah menunjukkan "China yang cinta damai dan bertanggung jawab".

Bagaimanapun, besaran parade ini, tidak lepas dari kekaguman dan kecaman.

Kementerian Pertahanan Nasional melaporkan sebanyak 15.000 personel militer dari 59 kesatuan berbeda akan berpartisipasi. Selain itu, 580 peralatan persenjataan akan melalui jalanan serta 160 pesawat akan terbang melintas.

Presiden Xi Jinping dijadwalkan menginspeksi pasukan sepanjang Jalan Chang'an—yang merupakan ruas utama di Beijing. Selanjutnya, berbagai serdadu, kendaraan lapis baja, dan formasi pesawat akan melalui atau melintasi Lapangan Tiananmen.

Untuk pertama kalinya, kontingen China yang menjadi bagian dari Pasukan Perdamaian PBB akan ikut ambil bagian.

Persenjataan macam apa yang akan kita saksikan?

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) jelas gembira dapat menampilkan beragam senjata baru nan canggih, yang semuanya disebut sudah disiagakan aktif.

beijing
Getty Images
Parade besar-besaran terakhir pada 2015 menampilkan atraksi pesawat tempur.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.tribunnews.com/internasional/2019/09/30/china-persenjataan-canggih-akan-dipamerkan-dalam-parade-militer-terbesar-menyambut-70-tahun-partai-komunis

No comments:

Post a Comment