Pages

Friday, June 29, 2018

Honda Akhiri Riwayat Robot Canggih Asimo, Kenapa?

Jakarta - Honda baru saja mengumumkan bahwa mereka menghentikan pengembangan robot humanoid ikoniknya, Asimo. Selanjutnya, Honda akan fokus untuk menggunakan teknologi yang digunakan untuk membangun Asimo di produk lainnya.

Asimo yang merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility ternyata berusia lebih tua yang dari kita. Honda mulai mengembangkan Asimo pada tahun 1980-an dan baru diperkenalkan ke publik pada tahun 2000.

Asimo merupakan robot pertama yang bisa berjalan dengan dua kaki. Ia dapat melakukan beberapa aksi sederhana seperti mengenali obyek bergerak, menentukan jarak dan arah obyek, memahami perintah suara dan gerakan manusia, dan mampu menavigasi secara mandiri berkat sensor di dalam tubuhnya.

Asimo yang sangat terkenal sering menunjukkan kemampuannya di acara televisi. Juga sering berinteraksi dengan tokoh dunia, seperti ketika Asimo bermain sepak bola dengan Barack Obama.

Honda sendiri tetap akan melanjutkan pengembangan robot humanoidnya, tetapi mungkin tidak menggunakan nama Asimo. Honda juga memastikan bahwa tim pengembangan robotnya masih akan aktif.

Ketika ditanya oleh TechCrunch, perwakilan dari Honda mengatakan bahwa Asimo tidak akan dipensiunkan sepenuhnya. "Jauh dari pensiun, Asimo akan terus tampil di lokasi di seluruh AS untuk menginspirasi anak muda dan mendorong mereka untuk memilih karir di STEM," ujar perwakilan Honda, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Jumat (29/6/2018).

Untuk program robotik Honda sendiri, mereka baru saja mengumumkan empat robot konsep di event CES 2018. Keempat robot tersebut terdiri dari robot pendamping, kendaraan off-road otonom, dan dua robot konsep untuk membantu mobilitas yang semuanya hadir dengan tampilan yang lucu dan menggemaskan. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://inet.detik.com/science/d-4089818/honda-akhiri-riwayat-robot-canggih-asimo-kenapa

No comments:

Post a Comment