Pages

Tuesday, August 21, 2018

Canggih, Ada Robot Pengisi Daya Mobil Listrik

Wina - Selain menciptakan mobil otonom yang bisa berjalan tanpa perlu dikemudikan manusia, Tesla juga tengah mengembangkan robot yang mampu mengisi daya tanpa bantuan manusia untuk mobil tersebut.

Meskipun belum rampung sepenuhnya, peneliti universitas telah membuat versi nyata dari robot fast charging tersebut. Peneliti dari Graz University of Technology memproduksi prototype dari robot yang dikendalikan CCS (Charging Combine System) pengisian daya cepat mobil listrik.

"Untuk pertama kalinya, kami telah berhasil menciptakan stasiun pengisian berbasis robot yang secara otonom mengisi daya kendaraan tanpa harus dikendalikan secara manual. Berkat teknologi kamera yang cerdik, robot mampu mengenali soket pengisi daya kendaraan dan dengan demikian mampu secara otonom menetapkan parameter yang berbeda - Mobil pun secara otomatis akan mendatangi stasiun pengisian daya untuk mengisi kembali dayanya. Masalah penempatan kendaraan di tempat pemuatan dapat diselesaikan, sehingga sistem bekerja bahkan ketika ketidaksejajaran parkir terjadi," demikian Bernhar Wazel, penanggung jawab penelitian di Graz University of Technology memaparkan perkembangan risetnya.

Proyek ini didukung oleh BMW AG Munich, Magna Steyr Engineering Graz, Linz Automation Specialist KEBA dan Austrian Association for Automotive Technology di Wina, Austria. Mereka menjelaskan bahwa kesulitan dalam proyek ini bukanlah dalam sistem robotiknya melainkan pemrograman dan integrasi untuk sensor posisi, dan mengenali jenis soket yang digunakan oleh suatu kendaraan.

Dengan sistem komputer yang sedang mereka kembangkan, robot ini akan mampu menghubungkan kabel dari mobil listrik apa pun yang cocok dengan CSS Station. Beberapa perusahaan mencoba untuk membantu memecahkan masalah ini agar pengisian daya mobil listrik lebih mudah tanpa harus mengeluarkan tenaga dari manusia di masa yang akan datang. (rgr/ddn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://oto.detik.com/mobil/4173851/canggih-ada-robot-pengisi-daya-mobil-listrik

No comments:

Post a Comment