Pages

Sunday, September 30, 2018

BNPB Minta BMKG Pasang Alat Pendeteksi Tsunami yang Lebih ...

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), untuk memasang alat pendeteksi tsunami yang lebih cangggih.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bahwa alat tersebut dapat bermaanfaat untuk memprediksi tanda-tanda terjadinya tsunami.

"Jalau menurut saya, memerlukan (alat pendeteksi tsunami), sangat memerlukan. Wilayah Indonesia itu yang rawan tsunami, kejadian tsunami sering terjadi dan menimbulkan banyak korban,” ujar Sutopo, Minggu (30/9/2018).

Sutopo menjelaskan, bahwa sebelumnya buoy (alat pendeteksi tsunami yang mengapung di laut) menjadi alat yang digunakan untuk mendeteksi tsunami.

Namun, buoy tersebut sudah tidak beroperasi sejak tahun 2012. Selain itu, buoy juga kerap dirusak oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab saat berada di laut.

“Jadi tidak ada buoy tsunami di Indonesia. Sejak 2012 bouy sudah tidak ada yang beroperasi sampai sekarang ya. Buoy tsunami yang memang diperlukan untuk memastikan bahwa tsunami ada sebagai salah satu bagian sistem peringatan dini,” ujar Sutopo.

BJ Habibie Turut Bagi-bagi Rejeki saat Nyekar di TPU Tanah Kusir

Remaja Pelaku Balap Liar di Depok ada yang Bawa Jimat Semar Mesem, Ini Alasannya

Sederet Ramalan Zodiak Besok, Senin 1 Oktober 2018, Jaga Kesehatan Kamu Sagitarius

Selain itu, Sutopo juga mengeluhkan pendanaan fasilitas untuk alat pendeteksi bencana yang setiap tahunnya mengalami penurunan.

Padahal, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling rawan terkena bencana, seperti gempa atau tsunami.

"Dulu sempat hampir mendekati 2 triliun tahun ini hanya 700 miliar. Nah ini jadi kendala, di satu sisi ancaman bencana meningkat masyarakat yang terpapar resiko semakin meningkat kejadian bencana meningkat," ujar Sutopo.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://jakarta.tribunnews.com/2018/09/30/bnpb-minta-bmkg-pasang-alat-pendeteksi-tsunami-yang-lebih-canggih

No comments:

Post a Comment