Pages

Monday, October 15, 2018

Adu Canggih TV OLED

OLED menjadi teknologi layar tercanggih saat ini. Para vendor terus menawarkan TV OLED dengan tambahan bermacam fitur teknologi

Televisi dengan teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) menjadi yang tercanggih saat ini. TV jenis ini memiliki kelebihan pada kemampuan menghasilkan gambar hitam pekat, ketipisan yang ekstrim, dan contrast ratio lebih baik. OLED mampu meningkatknya akurasi detail gambar, dan dramatisasi gambar. Dengan resolusi 4K yang lebih tinggi, gambar dari TV OLED menjadi lebih lembut dan tidak lagi terlihat garis-garis yang menggangu. Meki masih terbilang mahal penjualan televisi OLED semakin meningkat.

PT. LG Electronics Indonesia, misalnya berupaya menghadirkan produk yang lebih terjangkau di pasar Tanah Air, dengan menghadirkan seri LG 55B8, sebuah TV OLED 4K berukuran 55 inci. LG 55B8, ditujukkan untuk pasar yang lebih luas dengan banderol harga 25 juta rupiah. “LG best selling OLED. Kami ingin menghadirkannya OLED dalam harga lebih terjangkau bagi banyak orang,” ujar TV Product Marketing LG Electronics Indonesia Julius, di Jakarta. LG 55B8, juga didukun dengan resolusi 4K, dengan kepadatan piksel empat kali lipat dari Full HD.

Untuk gambar dengan kualitas fotografi dilengkapi teknologi reproduksi gambar High Dynamic Range (HDR), untuk pencahayaan yang lebih luas. “Keunggulannya inilah yang membuat beberapa pabrikan mulai mengadopsi teknologi HDR dalam TV produksinya,” ujar Julius. Perbedaan LG dengan para kompetitor kata Julius, resolusi 4K LG dibuat dengan tingkat adopsi format HDR paling luas.

Jika umumnya menggunkan format HDR 10, TV OLED LG 55B8 bahkan dilengkapi dengan teknologi HDR dari Dolby Vision dan bahkan HLG. Khusus HLG menjadi standar HDR untuk penerimaan dari stasiun penyiaran.

Televisi dengn sistem operasi WebOS ini dilengkap dengan Active HDR Dolby Vision dibanding HDR10 ada pada metadata dinamis teknologi tersebut membuat pemrosesan peningkatan akurasi gambar dengan lebih pintar pada setiap adegan. LG 55B8 juga dilengkapi Advanced HDR by Technicolor, untuk kualita gambar ala studio film di Hollywood.

Untuk kualitas suara 55B8 memakai software Dolby Atmos, yang mampu menghasilkan suara sesuai dengan arah obyek, dengan fitur Object Based Sound dan Full 360 Surround Sound. “Object Based Sound dapat mengenali dan menangkap suara 128 obyek,” ujar Julius.

Teknologi canggih

Selain LG di hari yang sama Sony juga mengeluarkan seri TV Bravia A9F OLED. Jika LG 55B8 ditujukkan untuk menyasar pasar yang lebih bawah, maka TV ini untuk menyasar pasar atas, dengan banderol sekitar 40 juta rupiah.

Sony membenamkan prosesor andalannya X1 Ultimate generasi terbaru pada A9F OLED. “TV Master Series A9F berhasil meningkatkan standar yang signifikan dalam menghadirkan kualitas gambar terbaik di rumah dengan setia menyampaikan apa yang diinginkan pembuat konten,” ujar President Director Sony Indonesia Kazuteru Makiyama di Jakarta.

Dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo, A9F bisa untuk memutar film 4K, video dan gambar kamera, hingga konsol game, dan telepon genggam. Televisi ini terhubung dengan aplikasi Netflix, dengan “Netflix Calibrated Mode,” untuk cerita yang lebih hidup. Semua TV seri Master Sony telah dilengkapi dengan CalMAN, yaitu perangkat lunak kalibrasi tampilan terbaik di industri dari Portrait Displays.

CalMAN telah digunakan oleh profesional sebagai alat untuk memastikan kontrol kualitas tampilan untuk memenuhi persyaratan ketat dari pembuat konten dari penyiaran, produksi, dan pos-produksi. Keunggulan lain TV A9F memiliki Pixel Contrast Booster, yang merupakan panel original Sony untuk OLED. fitur ini berguna dalam memaksimalkan dynamic range dengan memperluas area reproduksi warna pada tingkat pencahayaan tinggi.

Pada audionya memakai sistem audio Acoustic Surface Audio+ yang memberikan kualitas suara yang sangat jernih. Setiap detil gambar yang dihasilkan TV MASTER Series A9F akan terlihat sempurna dan memanjakan mata para penonton. “Suara yang dihasilkan juga akan membuat penonton merasa seakan-akan sedang berada di dalam bioskop. Kami ingin memberikan pengguna TV MASTER Series A9F pengalaman menonton TV terbaik yang pernah mereka rasakan,” kata Makiyama. hay/E-6

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://www.koran-jakarta.com/adu-canggih-tv-oled/

No comments:

Post a Comment