Pages

Thursday, October 11, 2018

Air Force One AS dan Indonesia One, Lebih Canggih Mana?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing Company, meraih kontrak senilai Rp 59,288 triliun untuk membangun Air Force One baru.

Nilai tersebut untuk dua unit 747-8 yang akan digunakan sebagai pesawat kepresidenan Amerika Serikat yang dipimpin oleh pemerintahan Presiden Donald Trump.

Pesawat yang dijadwalkan dikirim pada Desember 2024 itu mungkin dicat merah, putih dan biru sebagai pengganti mantel biru dan putih yang merupakan ciri khas di pesawat lama AS.

Dikutip dari situs Boeing, Air Force One yang baru akan menjadi Oval Office terbang dengan fasilitas antara lain:
  • Ruang rapat atau ruang makan
  • Ruang pribadi Presiden dan Ibu Negara
  • Kantor staf senior
  • Ruang kerja dan istirahat bagi staf kepresidenan, media, dan kru pesawat
  • Dua galley, atau semacam dapur, yang dapat menyediakan 100 porsi makanan
  • Perbedaan mendasar antara Air Force One dengan Boeing 747 standar antara lain dalam hal navigasi, perlengkapan elektronik dan komunikasi, konfigurasi interior dan furnitur
Fasilitas itu tentunya belum termasuk sistem keamanan yang canggih.
Foto: Ilustrasi Air Force One yang baru (Boeing)

Jika pesawat Presiden Trump harganya mencapai Rp 59 triliun, lalu berapa harga pesawat Kepresidenan RI?

Pesawat Kepresidengan RI terbaru tiba pada 2014, dan dibeli dengan harga sekitar Rp 864 miliar.

Indonesia One berkode registrasi RI-001 ini adalah jenis Boeing Business Jet 2, yang basisnya berasal dari pesawat komersial Boeing 737-800.

Dikutip dari detikcom, Indonesia One memiliki meeting room untuk 4 orang kelas VVIP, state room untuk dua orang kelas VVIP, lalu 12 kursi di executive area dan 44 kursi bagi staf.


Foto: Salah satu area di pesawat Kepresidenan RI (Detikcom)

Di pesawat itu juga terdapat ruang bagi kepala negara dengan luas 2,5 x 2 meter. Kemudian, juga terdapat ruang istirahat terdiri dari dua kursi yang bisa direbahkan serta layar besar 42 inchi.

Lalu terdapat juga ruang untuk eksekutif dengan 10 kursi yang dilengkapi layer datar 42 inchi yang diperuntukkan bagi para menteri. Ruang terakhir terdiri dari 42 kursi penumpang. (ray/ray)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.cnbcindonesia.com/news/20181010142758-4-36804/air-force-one-as-dan-indonesia-one-lebih-canggih-mana

No comments:

Post a Comment