Pages

Wednesday, October 31, 2018

Cari Bodi Lion Air, Ini Temuan 4 Kapal Canggih Hari Ini

Jakarta - Tim SAR gabungan mendapatkan sejumlah temuan baru dari pencarian bodi serta black box Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Ada empat kapal canggih yang diprioritaskan melakukan pencarian di antara puluhan kapal lainnya.

Keempat kapal tersebut adalah:
- KRI Rigel-933
- KR Baruna Jaya I BPPT
- KN SAR 206 Bandung
- Kapal Dominos milik Pertamina

Kapal-kapal itu dilengkapi dengan peralatan seperti Multibeam echosounder (Mbes), Side Scan Sonar, Remote Operated-underwater Vehicle (ROV), Ping Locator, dan Digital Global Positioning System. Kabasarnas Marsdya M Syaugi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek empat kapal itu secara bergantian dalam pencarian hari ini.

"Kapal pertama kita cek. Ada temuan, lalu diselami. Kita temukan di bawah (laut) ada kapal kayu yang terbalik," ucap Syaugi dalam konferensi pers di Posko Basarnas di Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/10/2018).

Setelahnya, Syaugi dan Hadi berpindah ke kapal lainnya. Di kapal itu, mereka juga mendapatkan temuan yang dicek lagi melalui penyelaman.

"Hasilnya rangka kapal (kapal kayu)," kata Syaugi.

"Yang ketiga, kita cek dengan alat tersebut, (ditemukan objek) cukup panjang, 16 meter. Ternyata itu bubu," imbuh Syaugi.

Kemudian di kapal terakhir, Syaugi melihat melalui ROV ada serpihan bagian pesawat Lion Air. Selain itu, mereka mendengar suara ping dari black box.

"Kita sudah bisa menemukan yang berkaitan dengan barang penumpang. Ada life jacket, celana, baju, banyak kita lihat di dasar laut. Kami yakin di sekitar situ pasti ada bangkai atau bagian pesawat yang besar," ucap Syaugi.

Karena itu, pencarian, kata Syaugi, akan difokuskan di lokasi tersebut. Dia menyebut lokasi itu berada di jarak sekitar 400 meter arah barat laut dari koordinat awal yang diperkirakan.
(dhn/fdn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://news.detik.com/berita/4282144/cari-bodi-lion-air-ini-temuan-4-kapal-canggih-hari-ini

No comments:

Post a Comment