Pages

Friday, October 19, 2018

Damkar Kabupaten Bandung Dapat Empat Mobil Baru, Katanya ...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Dinas Kebakaran Kabuapaten Bandung mendapatkan empat unit bantuan Mobil Pemadam Kebakaran (MPK) dari Japan Firefighter Asosiation (JFA).

Kadiskar Kabupaten Bandung, Kawaludin, mengatakan, empat MPK merupakan hibah dari Jepang. Mereka mengajukan proposal pada akhir tahun 2017.

"Karena APBD terbatas dan kondisi dinas masih baru dan morat-marit. Jumlah sarana prasarananya masih 30 persen dari kebutuhan sehingga pelayanan kepada masyarakat jauh dari ideal. Kami pun mencari berbagai sumber yang dapat membantu kondisi sarana dan prasarana," katanya saat ditemui di Mako Diskar Kabupaten Bandung, Soreang, Jumat (19/10/2018).

Empat unit MPK ini tiba di Indonesia minggu lalu melalui Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen BAK) Kemendagri, karena hibah malaui negara. Mobil tiba di Mako Diskar Soreang Kabupaten Bandung kemarin.

"Dengan jumlah warga Kabupaten Bandung yang mencapai 3,6 juta jiwa dan wilayah yang sangat luas hanya dilayani delapan mobil damkar yang satu di antaranya rusak. Alhamdullilah akhir 2018 ini kami diberi hibah 4 unit mobil damkar gratis dari Jepang," katanya.

Menurutnya empat unit MPK yang diberikan JFA ini memiliki kelebihan tersendiri dengan teknologi terbaru Jepang jika dibandingkan dengan mobil damkar yang dimiliki sebelumnya.

"Kelebihannya lebih canggih ada perbedaan sistem hydrant di Jepang sudah sangat baik di setiap sudut kota ada bahkan di permukiman juga ada. Jadi Jepang mendesain mobil damkar hanya mobil pompa tanpa tangki jadi kalau kebakaran tinggal sambung ke hydrant," ucapnya.

Menurutnya, Diskar Kabupaten Bandung sangat beruntung mendapatkan hibah empat unit MPK itu. Pasalnya, kabupaten-kota lain yang sama-sama mengajukan proposal ke JFA rata-rata hanya mendapatkan satu unit MPK.

"Dengan bertambahnya armada baru ini, kami berharap pelayanan kepada masyarakat terus meningkat dan lebih baik lagi," katanya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://jabar.tribunnews.com/2018/10/19/damkar-kabupaten-bandung-dapat-empat-mobil-baru-katanya-lebih-canggih

No comments:

Post a Comment