Pages

Monday, October 29, 2018

KR Baruna Jaya Berangkat Bawa Alat Canggih untuk Cari Lion JT 610

Jakarta - Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I berangkat untuk membantu proses pencarian pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Kapal tersebut membawa beberapa peralatan canggih.

Berangkat dari Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (30/10/2018) pukul 02.05 WIB, KR Baru Jaya I diperkirakan butuh waktu 3 hingga 4 jam untuk mencapai perairan Karawang.

Ada sejumlah peralatan canggih yang dibawa kapal ini. Salah satunya, Remote Operated Vehicle (ROV) Seaeye Falcon DR yang bakal digunakan mengambil video dari dasar laut.

"Sesampainya di lokasi kita akan langsung bekerja dengan teknologi multi beam, tahapannya setelah multi beam baru side scan sonar," Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan, M Ilyas di lokasi.

Salah satu perlatan yang dibawaSalah satu perlatan yang dibawa Foto: Matius Alfons/detikcom

"Kalau sudah ketemu lokasinya barangkali ROV akan diturunkan untuk memastikan apa-apa saja yang ada di dalam situ. Nah, setelah itu kita laporan nanti ke Basarnas, selanjutnya akan evakuasi melakukan penyelaman atau gimana caranya nanti. Kalau kita yang penting seperti itu," sambungnya.

Selain itu, kapal ini ini juga bakal membantu pencarian kotak hitam atau blackbox Lion Air JT 610. Jika ditemukan, maka kotak hitam tersebut bakal segera diangkat.

"Kalau kita dan KNKT ini fokusnya blackbox, termasuk body pesawat, mungkin target utamanya blackbox. Kalau yang lain-lain ketemu tentu kita angkat juga," jelasnya.

Kapal ini sebelumnya pernah diikutsertakan dalam pencarian kotak hitam pesawat Air Asia QZ 8501 pada awal 2015.


Sebelumnya diberitakan, pesawat Lion Air JT 610 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 06.20 WIB dengan tujuan Pangkalpinang. Pesawat kemudian hilang kontak pada pukul 06.33 WIB.

Pesawat tersebut dilaporkan terjatuh di koordinat 05 derajat 46 menit 15 detik South, 107 derajat 07 menit 16 detik East. Upaya pencarian dan pertolongan melibatkan tim gabungan Basarnas, TNI AL, Polri, hingga bantuan dari nelayan. Ada 181 penumpang di pesawat tersebut. Jika dijumlah dengan kru pesawat, total yang diangkut pesawat 189 orang.
(haf/haf)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://news.detik.com/berita/4279002/kr-baruna-jaya-berangkat-bawa-alat-canggih-untuk-cari-lion-jt-610

No comments:

Post a Comment