Pages

Thursday, November 29, 2018

AkuNusa, Aplikasi Canggih Lestarikan Bahasa Daerah Ciptaan Mahasiswa ITS - Tribun Jatim

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Prihatin terhadap punahnya beberapa bahasa daerah di Indonesia, tiga mahasiswa Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, merancang aplikasi bernama AkuNusa.

Aplikasi buatan Cornelia Natasha, John Harison, dan Ivander William tersebut, mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan bahasa daerah.

Dari 709 bahasa daerah di Indonesia, 139 bahasa di antaranya terancam punah.

“Globalisasi yang menjamur di kalangan generasi muda Indonesia juga mulai memudarkan bahasa daerah dari kehidupan sehari-hari kita,” ungkap Ivander, anggota tim, Kamis (29/11/2018).

OJK Wajibkan BPR Susun Langkah Penyelesaian yang Komprehensif dan Realistis dalam Rencana Tindak

Untuk itulah, ketiga mahasiswa ini merancang aplikasi sederhana yang dapat digunakan pada telepon pintar atau smartphone.

Aplikasi itu ditunjang dengan berbagai pilihan bahasa yang terdapat materi dan ujian untuk menunjang pembelajaran.

Ivander menambahkan, materi yang disajikan nantinya akan sangat berguna untuk mengerjakan soal ujian.

OJK Regional 4 Jatim Minta Pengurus BPR Perhatikan Potensi Peningkatan Jumlah Kredit Bermasalah

“Terdapat tiga tingkat pembelajaran, apabila pengguna berhasil mengerjakan ujian dengan nilai minimal 60, pengguna dapat lanjut ke tingkat yang lebih tinggi,” jelas mahasiswa asal Medan ini.

Selain itu, aplikasi AkuNusa juga dilengkapi fitur makanan khas dan tempat wisata daerah guna meningkatkan ketertarikan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut.

“Generasi muda kini lebih suka yang praktis, tidak bertele-tele. Aplikasi ini akan mempermudah mereka dalam mempelajari bahasa sekaligus budaya daerah dalam satu tempat,” tutur mahasiswa angkatan 2016 ini.

4 Kandidat Kuat Calon Pelatih Bali United Mengemuka usai Melepas Widodo C Putro

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://jatim.tribunnews.com/2018/11/29/akunusa-aplikasi-canggihlestarikan-bahasa-daerah-ciptaanmahasiswa-its

No comments:

Post a Comment