Pages

Thursday, November 29, 2018

Tangkal Kecelakaan Laut, Pemkot Surabaya Pasang Alat Canggih Weather Information di Pesisir Pantai - Tribun Jatim

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya melalui Dinas Perhubungan memasang tiga alat canggih Weather Information Display (WID) di tiga tempat pesisir pantai Kota Surabaya, untuk mengurangi potensi kecelakaan laut.

Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengatakan, pemasangan alat informasi WID dilakukan bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Lokasi pertama, berada di Tambak Labuh Sontoh Laut, Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo. Lokasi ke dua di Taman Suroboyo dan ketiga di Area Masjid Al Mabrur, Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak Surabaya.

“Tujuannya untuk memberikan transformasi data dan informasi perkiraan cuaca atau iklim khususnya daerah maritim, berupa media digital untuk para nelayan,” katanya, Kamis (29/11/2018) di Taman Suroboyo.

Ditanam Sejak 2010, Bunga Pohon Tabebuya Bermekaran di Surabaya dan Bikin Wajah Kota Makin Indah

Menurut Irvan, pemasangan WID berguna bagi nelayan mengetahui kondisi cuaca sebelum berencana pergi berlayar.

"Apalagi saat ini kondisi cuaca terbilang ekstrem. Sehingga nantinya alat tersebut dapat bermanfaat bagi para nelayan sebelum memulai aktivitas di lautan," jelasnya.

WID nantinya juga akan dirancang menjadi media edukasi bagi masyarakat sekitar. Setelah dilengkapi dengan berbagai informasi lain seperti informasi gempa, kondisi satelit juga informasi even-even lain Pemkot Surabaya.

Selain pemasangan WID, Dishub juga menggelar pembinaan keselamatan dan pengenalan WID kepada kelompok nelayan di Surabaya. Acara berlangsung di Sentra Ikan Bulak (SIB), Surabaya, Kamis (29/11/2018).

Sudah Diujicoba, CCTV Pendeteksi Wajah Mulai Awasi Kota Surabaya, 1.200 Kamera Intai Akan Disebar

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para nelayan, serta kesadaran tertib pelayaran. Sehingga mampu mewujudkan keselamatan dan mengurangi tingkat kecelakaan di laut.

75 orang perwakilan kelompok nelayan yang datang menyimak materi keselamatan dari BMKG Maritim Tanjung Perak, Kesyahbandar Utama Tanjung Perak, Ditpolairud Polda Jatim, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://jatim.tribunnews.com/2018/11/29/tangkal-kecelakaan-laut-pemkot-surabaya-pasang-alat-canggih-weather-information-di-pesisir-pantai

No comments:

Post a Comment