Pages

Saturday, December 22, 2018

Canggih! Tiang Pintar ITS Juga Dapat Deteksi Kandungan Oksigen dan Karbondioksida - Tribun Jatim

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kota cerdas adalah kota yang mampu mengontrol dirinya sendiri. Untuk mendekati hal ini, Tiang Pintar ITS juga dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi kualitas udara di sekitar tiang.

Adapun parameter yang dapat dideteksi dengan sensor ini di antaranya adalah besarnya kandungan oksigen (O2), karbondioksida (CO2), suhu, tekanan, dan kelembaban udara.

Menyesuaikan dengan era digital yang sudah mulai gencar perkembangannya, tiang pintar ini bisa difungsikan sebagai penguat sinyal seluler dan fasilitas jaringan internet gratis pada kawasan tertentu.

“Dengan demikian kita bisa mendapatkan koneksi internet dimanapun kita berada,” ujar Direktur PT ITS Tekno Sains, I Ketut Gunarta, Minggu, (23/12/2018).

ITS Siap Wujudkan Gagasan Pemrintah Terkait Kota Cerdas Melalui Terobosan ITS Smart Pole

Sistem kontrol pada keseluruhan tiang ini terpusat pada satu sistem saja, sehingga ketika terjadi masalah, sistem akan segera menginformasikan dan segera untuk diperbaiki secara terpusat.

“Selain itu, hanya dengan menggunakan ponsel pintar, seseorang dapat mengatur atau mematikan semua Tiang Pintar di semua wilayah,” pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://jatim.tribunnews.com/2018/12/23/canggih-tiang-pintar-its-juga-dapat-deteksi-kandungan-oksigen-dan-karbondioksida

No comments:

Post a Comment