Pages

Thursday, December 27, 2018

RSUP HAM Punya Alat Canggih Bone Densitometry, Mampu Deteksi Penyakit Tulang Lebih Akurat - Tribun Medan

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - RSUP H Adam Malik (HAM) menambah peralatan berteknologi canggih pada bagian Instalasi Radiologinya. Alat canggih itu bernama Bone Densitometry.

Alat ini diklaim sesuai standar internasional dan mampu mendeteksi dini penyakit tulang osteoporosis, dengan akurasi dan presisi hasil yang lebih baik.

Sebagai informasi, sebelumnya pemeriksaan tulang di rumah sakit dilakukan dengan metode ultrasound, yaitu dengan mengukur kepadatan tulang dan lainnya melalui tumit kaki.

Kasubbag Humas RSUP HAM Rosario Dorothy mengungkapkan, Bone Densitometry memudahkan pemeriksaan pasien pengidap penyakit tulang. Pemeriksaan tulang menggunakan alat ini bisa dilakukan di seluruh tubuh, dilengkapi dengan gambar tiga dimensi dan wolf-body untuk melihat massa jaringan tulang.

"Alat ini digunakan untuk melihat dan mengukur massa tulang. Dengan pemeriksaan menggunakan alat ini, resiko patah tulang, terutama bagi mereka yang berusia lanjut, bisa diminimalkan dan sebagai deteksi dini osteoporosis," ujar Rosa.

Selanjutnya, dokter dapat memberi penanganan untuk mencegah terjadinya patah tulang di masa mendatang dan dapat memonitor terapi untuk menjaga massa tulang.

Selain itu, sambung Rosa, alat ini dapat melihat ketebalan lemak pada tubuh, sehingga dokter dapat memberi anjuran pada pasien yang memiliki tubuh dengan lemak berlebih.

Keunggulan lain dari alat ini, tambah Rosa, adalah akurasi dan presisi hasil lebih baik, resolusi hasil tinggi, waktu pemeriksaan lebih singkat, dan paparan radiasi yang rendah.

(cr16/tribun-medan.com)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://medan.tribunnews.com/2018/12/27/rsup-ham-punya-alat-canggih-bone-densitometry-mampu-deteksi-penyakit-tulang-lebih-akurat

No comments:

Post a Comment