Pages

Friday, May 3, 2019

Memahami Fitur Kamera Smartphone yang Makin Canggih (2) - Tabloid Pulsa


dian iskandar

Jum'at, 03 Mei 2019 • 14:20

kamera, smartphone, ai kamera, dual kamera, megapiksel, resolusi, cmos, sensor kamera, fitur kamera,


Pada edisi 410 lalu kami mengulas beberapa fitur penting pada smartphone, sekarang kami akan lanjutkan bagian kedua atau terakhir dari ulasan ini. Sebelumnya kami sudah mengenalkan beberapa istilah pada fitur kamera seperti piksel, ukuran piksel dan ukuran sensor. Nah, masih ada beberapa istilah lain yang tak kalah penting untuk Anda pahami agar bisa mengetahui kemampuan kamera yang ditawarkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone.

BSI, ISOCELL, dan Stacked CMOS

Modul kamera (iFixit)Modul kamera (iFixit)

Semua istilah ini merujuk pada konstruksi sensor, sensitivitas setiap piksel, dan kerentanan terhadap noise.

BSI adalah singkatan dari backside illumination, dan merupakan metode untuk menghasilkan sensor kamera di mana fotodetektor diletakkan di atas transistor dan komponen lainnya. Ini adalah metode produksi CMOS yang lebih kompleks, tetapi mengurangi reflektivitas, yang pada gilirannya meningkatkan kemampuan menangkap cahaya sensor. Sensor BSI ditemukan di hampir semua smartphone kelas atas.

ISOCELL adalah teknologi khusus oleh Samsung untuk sensor BSI mereka, yang menempatkan penghalang antara setiap photodetector untuk mengurangi crosstalk, meningkatkan ketajaman dan akurasi warna, terutama dalam situasi rendah cahaya. Crosstalk adalah tempat fotoelektron bekerja di antara piksel, menyebabkan efek mekar dan halo dalam kondisi tertentu, sehingga mengurangi efek ini penting dalam menghasilkan gambar yang bersih.

Stacked CMOS technology ditemukan dalam sensor Sony, teknologi ini meningkatkan kemampuan untuk menangkap cahaya dengan mendorong beberapa bagian sirkuit di bawah array pixel. Itu ditemukan di sensor Exmor RS bersama teknologi BSI.

Focal length

Focal length atau panjang fokus adalah jarak antara lensa dan sensor, yang menentukan bidang pandang dan pembesaran. Panjang fokus sebenarnya untuk sebagian besar kamera ponsel cerdas tidak terlalu berguna bagi orang yang terbiasa dengan istilah fotografi karena sensornya yang kecil. Inilah sebabnya mengapa dalam banyak review, cenderung menyebutkan focal length setara 35mm.

Panjang fokus setara 35mm memberi tahu Anda berapa panjang fokus yang harus dimiliki lensa kamera jika ingin menghasilkan gambar yang setara pada DSLR dengan sensor format 35mm. Maka mudah untuk mengelompokkan lensa kamera menjadi berbagai jenis berdasarkan pada apa yang sudah diketahui tentang lensa untuk kamera 35mm tradisional: 18-35mm menetapkan lensa sudut lebar, 35-60mm adalah lensa 'normal', dan di atas 60mm adalah fokus panjang (atau dikenal sebagai tele atau lensa zoom).

Semua smartphone termasuk dalam braket lensa sudut lebar, biasanya sekitar 24-30mm; semakin besar angkanya, semakin sedikit sudut lensa.

Aperture, Image Stabilisation, Fokus, ISO, Shutter

Aperture atau bukaan biasanya diwakili dengan keterangan f-angka. Angka-f adalah rasio antara panjang fokus dan ukuran lubang, jadi memberi tahu Anda berapa banyak cahaya yang dapat melewati sensor. Angka-f dari 2, dinyatakan secara khas sebagai f/2, berarti panjang fokus dua kali ukuran aperture; f/4 akan menjadi focal length 4 kali aperture, dan sebagainya.

Kamera smartphone biasanya menggunakan celah mulai dari f/2.0 hingga f/2.4, bahkan kini juga sudah ada F/1.8 dan F/1.7. Semakin kecil angka-F berarti juga memiliki bukaan yang semakin besar, maka akan bagus untuk lebih banyak menyerap cahaya.

Image Stabillisastion/stabilisasi gambar

Smartphone hampir selalu digunakan dengan cara digenggam ketika mengambil gambar, itulah sebabnya stabilisasi gambar sangat penting. Ada dua bentuk utama stabilisasi: optical image stabilization (OIS), dan electronic image stabilization (EIS). Secara umum, OIS lebih disukai karena memberikan hasil yang lebih baik, tetapi lebih mahal dan lebih rumit untuk diintegrasikan.

OIS bekerja dengan menempatkan sensor kamera atau modul lensa di dalam rig yang distabilkan. Menggunakan informasi dari giroskop yang ditempatkan di dekat kamera, seluruh rig digeser dengan elektromagnet untuk menangkal gerakan fisik perangkat. Ini menjaga elemen optik pada posisi relatif yang sama sementara kamera dengan lembut berjabat tangan dengan pengguna.

Sedangkan EIS berfungsi tanpa bantuan perangkat keras tambahan. Untuk gambar foto, biasanya sistem EIS akan meningkatkan sensitivitas sensor sehingga kecepatan rana yang lebih cepat dapat digunakan, untuk mengurangi blur.

Video

Video adalah bagian yang tak terpisahan dari kamera smartphone, ditangkap dengan mengambil bidikan gambar pada resolusi dan kecepatan bingkai video. Resolusi maksimum yang didukung dan laju bingkai kamera selalu dibatasi oleh sirkuit dari model kamera itu sendiri, serta prosesor sinyal gambar yang ada pada chipset (SoC).

Merekam video sangat intens bandwidth, dan semua pemrosesan dilakukan dari perangkat keras kamera: mengonversi input mentah ke H.264 dilakukan oleh blok pengodean video pada SoC setelah melewati prosesor sinyal gambar. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak melihat frame rate yang sangat tinggi dari kamera smartphone, karena perangkat keras tidak dapat mendukungnya.

Sebuah smartphone kelas atas pada tahun 2014 biasanya mendukung perekaman video 4K (3840 x 2160) pada 30 frame per detik, yang membutuhkan ukuran sensor setidaknya delapan megapiksel. Tetapi kini kemampuan kamera dalam merekam video sudah lebih canggih lagi. Kita bisa menemukan kamera smartphone dengan kemampuan merekam gambar 4K dengan 60 frame per detik.

Oppo Reno salah satu smartphone kamera terbaik saat ini.Oppo Reno salah satu smartphone kamera terbaik saat ini.

Kesimpulan kami, semua fitur-fitur pada kamera smartphone akan terus berkembang. Tapi karena faktor bentuk dan ukuran smartphone, kemampuannya tidak akan bisa melampaui kamera konvensional. Memang, kini fitur kamera smartphone sudah lebih pintar, misalnya sudah ada teknologi pendukung berbasis AI yang memudahkan pengguna menghasilkan gambar yang baik tanpa perlu melakukan seting manual. Semuanya sudah dilakukan secara otomatis berkat AI yang bisa mengenai beberapa objek gambar dan menyesuaikan semua setelan.

(*)disarikan dari artikel asli: A Guide to Camera Hardware/ Techspot.com

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.tabloidpulsa.co.id/blog/38209-pahami-fitur-kamera-smartphone-2

No comments:

Post a Comment