Pages

Sunday, December 22, 2019

Bionic Woman dengan Berbagai Implan Canggih di Tubuhnya | Teknologi - Gatra

Liverpool, Gatra.com -- Seorang insinyur Amerika yang terlibat dalam kecelakaan mobil yang hampir membunuhnya. Dia selamat, namun kecelakaan itu menghancurkan punggun, pergelangan kaki dan lututnya. Kini dia memiliki berbagai implan dan perangkat tambahan canggih untuk meningkatkan fungsi tubuhnya.

Transhumanis, orang yang meningkatkan dan memperbaiki biologis tubuh itu, Winter Mraz, 31 tahun, yang saat ini tinggal di Liverpool, mengatakan implan di bawah kulitnya membantunya melakukan kegiatan sehari-hari.

Dia memiliki dua microchip untuk membuka pintu dan mengirim informasi, serta lampu LED di lengannya dan magnet di jari-jarinya.

Sebuah microchip di tangan kanannya berisi informasi kartu namanya yang dapat dengan mudah ditransfer dengan smartphone. Mraz mengatakan proses transformasi menjadi wanita bionik dimulai ketika dia dipaksa memiliki implan medis setelah kecelakaan itu.

"Salah satu tempurung lutut saya dicetak secara medis 3D. Itu implan," katanya kepada Good Morning Britain, Jumat, 20/12. Operasi-operasi ini membantu mendobrak 'tembok' mental, dengan Mraz terus meningkatkan biologis dirinya lebih jauh.

Implan tubuh Winter Mraz, 31 tahun. (Shutterstock/Sebastian Kaulitz)

Dia memasang microchip kecil di tangan kirinya untuk membuka pintu, dengan cara yang sama dengan mesin kartu mendeteksi chip kartu atau pintu otomatis kantor mengenali karyawan. Perubahan tubuhnya yang lain belum begitu praktis, termasuk magnet di ujung jarinya yang dapat membantunya mendeteksi medan dan kabel elektromagnetik.

Lampu LED yang tertanam di lengannya diaktifkan oleh magnet dan bersinar melalui kulitnya. Ini adalah salah satu dari sejumlah tipuan yang tersedia untuk transhumanis yang suka 'meningkatkan' tubuh mereka "Implan saya proaktif dibandingkan reaktif," katanya kepada GMB.

“Daripada menunggu sampai sesuatu yang negatif terjadi pada saya dan kemudian memperbaikinya secara medis, saya sekarang dapat menyingkirkan beberapa kekhawatiran yang mungkin saya miliki. Seperti, "apakah saya lupa kunci saya?" Saya tidak bisa melupakan kunci saya, dia ada di tangan saya," katanya.

Mulanya dari Swedia

Perusahaan Swedia Epicenter menjadi berita utama April lalu karena menawarkan implan kepada karyawannya. Startup menawarkan kepada para pekerja microchip seukuran butir beras yang berfungsi sebagai kartu gesek, untuk membuka pintu, mengoperasikan printer, atau membeli smoothie dengan lambaian tangan. Smoothie adalah minuman berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula/ gula pasir, susu tawar cair dan es batu.

Pemasangan itu menjadi sangat populer sehingga para pekerja di Epicenter mengadakan pesta untuk mereka yang mau diimplan. Tetapi, para ahli mengatakan dilema etika akan menjadi lebih besar semakin canggih microchip menjadi.

Teknologi itu sendiri bukanlah hal baru. Chip tersebut digunakan sebagai plat kerah virtual untuk hewan peliharaan. Epicenter dan beberapa perusahaan lain adalah yang pertama membuat implan chip tersedia secara luas.

Dan seperti kebanyakan teknologi baru, itu meningkatkan masalah keamanan dan privasi. Meskipun secara biologis aman, data yang dihasilkan oleh chip dapat menunjukkan seberapa sering seorang karyawan datang ke tempat kerja atau apa yang mereka beli.

Tidak seperti kartu gesek atau ponsel pintar perusahaan, yang dapat menghasilkan data yang sama, seseorang tidak dapat dengan mudah memisahkan diri dari chip yang melekat.


Editor: Rohmat Haryadi


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.gatra.com/detail/news/463117/teknologi/bionic-woman-dengan-berbagai-implan-canggih-di-tubuhnya

No comments:

Post a Comment