Pages

Sunday, October 28, 2018

Teknologi Medis Canggih, Masihkah Cina Andalkan Herbal untuk ...

Guangzhou - Pengobatan dengan herbal sangat lekat dengan kehidupan masyarakat di Cina dan bahkan masih dipercayai juga hingga di beberapa negara, termasuk Indonesia. Melihat prestasi beberapa rumah sakit di Cina yang sukses dengan standar internasional mereka lewat teknologi mutakhir, apakah herbal masih diandalkan untuk berobat?

"Pada dasarnya herbal itu berasal dari Cina, orang chinese itu pasti percaya dengan herbal," jawab dr Luo Rongcheng, Kepala dari Fuda Cancer Hospital Guangzhou, kepada detikHealth.

Dalam perihal kanker, masih banyak didengar pengobatan alternatif menggunakan herbal. Tak jarang pula kita melihat iklan-iklan produk herbal menggiurkan yang mengklaim mampu sembuhkan kanker secara total dengan biaya yang cukup tidak menguras kantong.


Walau bukan di Cina, ada sebuah kisah yang dituturkan oleh satu pasien kanker payudara asal Indonesia, Affra Siowardjaja (62) yang memiliki pengalaman menggunakan pengobatan herbal. Hal tersebut membuatnya lalai menjalani pengobatan medis sampai kankernya menjadi stadium 4.

"Dulu aku pakainya herbal sebelum ke Fuda. Kurang lebih setahun, itu kulit yang tadinya ada lesung pipit tiba-tiba jadi kayak kulit jeruk, keriput. Terus tiba-tiba menghitam terus mengelupas dan keluar darah dan cairan," ceritanya kepada detikHealth.

Walau memang masih banyak pengobatan herbal yang menyesatkan, namun dr Luo menyebut tidak serta-merta herbal dihindari. Penggunaan herbal juga masih bisa dilakukan, misalnya saat sang pasien lemah fisiknya, herbal bisa dikonsumsi sebagai obat pendamping.

"Herbal itu sendiri sebenarnya fungsinya hanya menunjang, menopang kondisi fisik si pasien itu sendiri. Tetapi saya sarankan herbal tidak menjadi fokus utama dalam pengobatan kanker, karena tidak bisa seperti itu," pungkasnya,

(frp/ask)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4276678/teknologi-medis-canggih-masihkah-cina-andalkan-herbal-untuk-obat

No comments:

Post a Comment