Pages

Tuesday, January 1, 2019

RSUP Adam Malik Miliki Alat Canggih Bernama Bone Densitometry, Mampu Diagnosa Dini Osteoporosis - Tribun Medan

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN -Belum lama ini, RSUP H Adam Malik (HAM) Medan menambah peralatan medis berteknologi canggih pada Instalasi Radiologinya. Alat canggih itu bernama Bone Densitometry.

Ia diklaim telah sesuai standar internasional dan mampu mendiagnosis dini penyakit tulang osteoporosis, dengan akurasi dan presisi hasil lebih baik daripada metode pemeriksaan kepadatan mineral tulang yang lain.

Semenjak diresmikan pertama kali penggunaannya pada awal bulan November 2018 lalu, Bone Densitometry RSUP HAM Medan tercatat baru dipakai untuk memeriksa 210 pasien penyakit tulang.

"Sejak di-launching tanggal 2 November 2018, jumlah pasien yang diperiksa menggunakan Bone Densitometry sebanyak 210 orang," kata Kasubbag Humas RSUP HAM Rosario Dorothy, Selasa (1/1/2018).

Rosa menjelaskan, pemeriksaan dilakukan dengan cara membaringkan pasien di atas meja periksa Bone Densitometry, kemudian tubuh pasien dipindai. Hasil pemindaian ditampilkan dalam bentuk gambar tiga dimensi dan wolf-body untuk melihat massa jaringan tulang.

Gara-gara Persoalan Cuti, Asisten Kebun PTPN II Tewas Ditikam Tukang Panen Sawit

Tabrak Tiang Lampu Jalan, Berlin Parapat dan Teman Wanitanya Tewas di Tempat

Selain memeriksa tulang, Bone Densitometry juga mampu melihat ketebalan lemak pada tubuh, sehingga dokter dapat memberi anjuran pada pasien yang memiliki tubuh dengan lemak berlebih.

"Dengan diagnosis dini, cepat, dan akurat, dokter dapat memberi penanganan dan pengobatan efektif lebih awal, sehingga resiko patah tulang akibat osteoporosis, terutama bagi mereka yang berusia lanjut, bisa diminimalisasi," ujar Rosa.

Demi Dana Kampanye Sandiaga Uno Jual Saham dan Aset, Partai Pendukung Malah Belum Menyumbang

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Adu Ketangkasan Main Batu Domino Bareng Jurnalis

Keunggulan lain dari alat ini, sambung Rosa, waktu pemeriksaan lebih singkat dan paparan radiasi rendah

"Lama pemeriksaan bergantung pada jenis pemeriksaan yang dilakukan. Kalau full-body, durasinya berkisar 45 sampai 60 menit. Namun, kalau per bagian, semisal kaki saja, paling berkisar 10 menit," ungkapnya.

Satlantas Polrestabes Medan Kerahkan 102 Personel Urai Kemacetan di 38 Titik dari Medan ke Berastagi

Jalan Kota Medan Sepi Karena Warga Medan Pilih Liburan ke Berastagi hingga ke Luar Kota

Nikmati Hamparan Hijau 35 Hektare Persawahan di Spot Tracking Agrowisata Paloh Naga

Polsek Medan Kota Selesaikan 355 dari 433 Kasus yang Terjadi di Kota Medan Tahun 2018

Soal tarif pemeriksaan, pihak RSUP HAM mematok harga sebesar Rp500 ribu untuk pemeriksaan seluruh tubuh atau pemeriksaan lebih dari dua bagian tubuh.

"Pemeriksaan menggunakan alat ini sementara belum ter-cover oleh layanan BPJS," pungkas Rosa.

(cr16/tribun-medan.com)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya http://medan.tribunnews.com/2019/01/01/rsup-adam-malik-miliki-alat-canggih-bernama-bone-densitometry-mampu-diagnosa-dini-osteoporosis

No comments:

Post a Comment