Pages

Monday, May 20, 2019

Canggih, Seorang Insinyur Ciptakan Robot Pencuci Tubuh ala Cuci Mobil - Suara.com

Suara.com - Matti Paaso, seorang insinyur,telah menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk mengembangkan sebuah robot yang dinamakan "Humanwash".

Sesuai namanya, robot ini didesain layaknya sebuah perangkat cuci mobil. Di mana alat telah diatur di sebelah pancuran air dan akan bergerak membersihkan manusia seperti sebuah mobil di carwash!

"Perangkat ini bisa digunakan oleh atlet, seseorang berkebutuhan khusus, sampai para pasien atau orang-orang di rumah sakit," kata Matti Paaso, seperti dikutip dari Autoevolution.

Mandi di tempat cuci mobil. (Youtube)
Mandi di tempat cuci mobil. Maksudnya tentu bukan ilustrasi satu ini [YouTube].

Lebih lanjut, ia menjelaskan bhawa perangkat ini dilengkapi dengan sikat berputar dan bergerak untuk membersihkan tubuh manusia. Sementara pengguna tidak perlu melakukan apa-apa selain berdiri di bawah pancuran.

Matti Paaso mengatakan bahwa peranti pencuci tubuh ini sudah diprogram untuk berhenti sendiri setelah beroperasi 15 menit. Namun jika ingin menyudahi mandi lebih awal, pengguna cukup menekan tombol darurat atau pedal kaki untuk menghentikannya.

"Alat ini dilengkapi dengan dua motor yang mengontrol sikat berputar dan gerakan vertikal sikat," kata Matti Paaso.

Untuk menghadirkan robot sesuai dengan harapan, ia harus merancang ulang beberapa kali model konsep sebelum menemukan versi produksi. Alhasil alat yang ia ciptakan sudah diuji coba di beberapa rumah sakit, dengan hasil diklaim sangat memuaskan.

"Ini bisa menjadi alat yang sangat berguna di rumah sakit atau untuk penyedia perawatan. Ruang yang dibutuhkan juga sama dengan ruangan mandi biasa," tandas Matti Paaso.

"Pengguna bisa mencuci seluruh tubuh mereka dalam dua atau tiga menit, akan tetapi karena sikat dirancang untuk pijatan lembut, waktu mencuci normal adalah sekitar sepuluh menit."

Untuk urusan harga, Humanwash dipatok dengan banderol 5.100 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 72,6 juta.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi kalo ga lengkap berita nya https://www.suara.com/otomotif/2019/05/20/170000/canggih-seorang-insinyur-ciptakan-robot-pencuci-tubuh-ala-cuci-mobil

No comments:

Post a Comment